Lip Balm yang Bagus, Seperti Apa Ciri-cirinya?

Kebanyakan orang mengira lip balm adalah riasan wajah yang hanya dipakai oleh wanita. Padahal, sebenarnya lip balm yang bagus memiliki fungsi yang jauh lebih besar dari sekedar sebagai riasan. 

Lip balm dibuat dengan kandungan bahan-bahan dasar yang bisa menjaga kelembaban kulit bibir. Pemakaiannya bisa mengatasi dan mencegah bibir dari kekeringan. 

Banyak pria yang juga menggunakan lip balm dengan alasan kesehatan. Bahkan, dokter juga bisa merekomendasikan penggunaan lip balm apabila Anda mengalami kekeringan bibir yang parah. 

Kriteria lip balm yang bagus 

Anda mungkin sudah memahami bahwa penggunaan lip balm penting untuk Anda. Tapi, bagaimana cara menentukan lip balm yang bagus?

Ada beberapa kriteria yang bisa Anda perhatikan. Kriteria ini akan menunjukkan apakah sebuah produk lip balm bagus atau tidak. Berikut ini ciri-ciri tersebut: 

  • Bisa melembabkan bibir

Fungsi utama dari lip balm adalah melembabkan kulit bibir. Lip balm yang tidak efektif melembabkan kulit bibir maka tidak bisa dianggap sebagai produk lip balm yang baik. 

Kemampuan lip balm untuk menjaga kelembaban berasal dari kandungan di dalamnya. Salah satunya adalah kandungan hyaluronic acid yang juga sering digunakan pada produk pelembab kulit. 

  • Melindungi dari sinar matahari

Bukan hanya kulit wajah Anda saja yang memerlukan perlindungan dari sinat matahari, tetapi kulit bibir juga. Bibir yang terus-menerus terpapar sinar matahari berlebih berpotensi mengalami masalah bibir, salah satunya bibir kering. 

Karena itu, cobalah cari produk lip balm yang juga memiliki kandungan SPF di dalamnya. Secara khusus, gunakan lip balm jenis ini ketika akan beraktivitas di luar ruangan. 

  • Mencegah gejala penuaan

Lip balm yang bagus juga bisa memberikan efek anti aging. Seiring bertambahnya usia, kondisi bibir Anda memang bisa mengalami penurunan dan mengalami gejala penuaan. 

Beberapa produk lip balm mengandung kandungan anti aging di dalamnya. Termasuk kandungan vitamin C dan vitamin E yang bisa menjaga bibir dari radikal bebas, sehingga elastisitas dan kolagen di kulit bibir tetap terjaga. 

Kapan perlu menggunakan lip balm?

Kebanyakan orang sudah tahu manfaat lip balm, tapi masih belum memiliki tekat untuk menggunakannya secara rutin. Bahkan, ada yang tidak menyadari bahwa kondisi kulit bibirnya sudah sangat parah. 

Sebaiknya, segera gunakan lip balm yang bagus ketika Anda mulai merasakan gejala bibir kering. Contohnya seperti: 

  • Kulit bibir retak dan mengelupas
  • Bibir tampak kemerahan dan berdarah
  • Terasa sensasi nyeri yang menyengat dan terbakar pada bibir
  • Bibir mengalami kesemutan
  • Pembengkakan pada bibir

Tanda-tanda di atas adalah tanda dari kondisi bibir yang buruk. Jika mengalami gejala tersebut, maka sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk menggunakan lip balm secara rutin.

Kondisi bibir kering sangat mudah dan umum terjadi. Tidak seperti bagian kulit di tubuh lainnya, kulit bibir tidak mengandung kelenjar minyak. Jadi, bibir lebih rentan mengalami kekeringan dan pecah-pecah, apalagi jika tubuh Anda kekurangan kelembaban.

Suhu ruangan yang dingin yang juga bisa menyebabkan bibir menjadi kering dengan mudah. Ditambah lagi dengan paparan sinar matahari berlebih ketika berada di luar ruangan. Beberapa orang mengira bahwa membasahi bibir dengan air liur bisa membuat bibir menjadi lembab. Padahal, air liur justru bisa menghilangkan kelembaban di bibir Anda. Jadi, dari pada menjilati bibir, sebaiknya gunakan lip balm yang bagus untuk melembabkan bibir Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *