Lotion Calamine Dapat Mengobati dan Membantu Mencegah Jerawat

Lotion calamine telah digunakan selama berabad-abad untuk menghilangkan rasa gatal dan ketidaknyamanan akibat kondisi kulit ringan, seperti gatal-gatal atau gigitan nyamuk. Selain itu, losion kalaminĀ  juga memiliki sifat mengeringkan, dan sering digunakan untuk mengeringkan ruam yang disebabkan oleh tanaman beracun.

Untuk alasan ini, losion kalamin dapat digunakan sebagai pengobatan jerawat. Itu bisa mengeringkan jerawat, akhirnya membuatnya hilang. Namun, losion kalamin bukanlah pengobatan utama untuk jerawat.

Badan gatal-gatal tanpa sebab sering terjadi bisa jadi ada faktor pemicunya

Losion kalamin untuk jerawat

Losion kalamin telah menunjukkan beberapa manfaat dalam mengobati jerawat. Namun, ini tidak menangani penyebab utama jerawat, dan tidak dapat mencegah terjadinya jerawat.

Menggunakan lotion calamin sebagai perawatan di tempat dapat membantu. Karena losion kalamin memiliki sifat mengeringkan, maka dapat membantu mengeringkan jerawat yang disebabkan oleh minyak berlebih lebih cepat.

Tetapi jerawat yang terlalu kering dapat menyebabkan iritasi dan memperburuk jerawat, jadi lotion kalamin harus digunakan dengan hemat. Selalu gunakan dengan pelembab.

Jerawat terjadi ketika sel kulit mati dan minyak berlebih, atau sebum, menumpuk di dalam pori-pori, menjebak bakteri jauh di dalam kulit. Bakteri yang terperangkap menyebabkan peradangan, yang menyebabkan jerawat.

Losion kalamin memiliki beberapa khasiat yang dapat membantu meredakan jerawat. Ini termasuk:

  • Sifat antiseptik ringan: Antiseptik adalah zat yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan patogen lainnya. Sifat antiseptik ringan kalamin menunjukkan bahwa itu dapat membantu memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Namun, belum ada penelitian yang mengkonfirmasi hal tersebut.
  • Sifat astringen ringan: Astringen adalah bahan kimia yang mengecilkan dan mengencangkan jaringan tubuh, seperti pori-pori. Mengecilkan pori-pori dapat membantu mencegah penumpukan kotoran kulit dan sebum berlebih.
  • Sifat anti-inflamasi: Sumber Tepercaya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencantumkan lotion kalamin sebagai obat anti-inflamasi dan anti-gatal, atau antipruritic. Sifat anti-inflamasi kalamin dapat membantu meringankan peradangan yang diasosiasikan dengan jerawat.

Namun, bahan kimia astringen dalam lotion kalamin dapat mengiritasi kulit, menyebabkan kekeringan.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), kulit kering dapat memperparah jerawat. AAD merekomendasikan untuk menghindari penggunaan astringen saat merawat jerawat.

Bisakah Anda menggunakan Lotion calamine saat hamil?

Gatal, terutama pada perut, merupakan gejala kehamilan yang sangat umum. Losion kalamin umumnya dianggap aman digunakan untuk meredakan gatal selama kehamilan, tetapi belum dipelajari dengan baik. Bicaralah dengan dokter sebelum menggunakan lotion kalamin saat hamil.

Bisakah Anda menggunakan lotion kalamin pada bayi?

Untuk kebanyakan bayi, losion kalamin aman digunakan. Dapat meredakan gatal-gatal umum, eksim, sengatan matahari, dan kondisi kulit umum lainnya.

Namun, Anda harus berbicara dengan dokter anak anak Anda sebelum menggunakan lotion kalamin. Beberapa bayi – terutama yang memiliki kondisi kulit lain – memiliki kulit yang terlalu sensitif untuk kebanyakan losion.

Efek samping calamine

Kemungkinan efek samping dari losion kalamin termasuk iritasi kulit lokal dan reaksi alergi. Orang yang mengalami iritasi kulit mungkin melihat ruam kulit merah dan gatal.

Reaksi alergi bisa lebih luas dan parah. Siapa pun yang mengalami reaksi alergi parah harus segera ke dokter untuk mendapatkan bantuan medis segera.

Tanda-tanda reaksi alergi yang parah, atau anafilaksis, meliputi:

  • kesulitan bernapas atau menelan
  • sesak tenggorokan
  • suara parau
  • pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan
  • gatal-gatal
  • sakit perut
  • mual
  • muntah
  • diare
  • demam
  • pusing
  • pingsan
  • detak jantung cepat

Cara menggunakan lotion kalamin

Untuk menggunakan losion kalamin pada jerawat, pertama-tama basahi wajah Anda dengan air hangat. Kocok botolnya, lalu oleskan losion kalamin ke jerawat Anda menggunakan jari bersih, bola kapas, atau kapas pentol. Jika menggunakan jari Anda untuk mengaplikasikannya, pastikan untuk mencuci tangan Anda setelah selesai.

Biarkan losion kalamin mengering menjadi merah muda terang. Berhati-hatilah untuk tidak menyentuh losion dengan pakaian saat mengering, karena losion kalamin yang basah dapat menodai. Untuk menghilangkannya, bilas dengan air hangat.

Anda bisa mengoleskan losion kalamin pada jerawat selama semalaman. Tetapi jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda mungkin ingin memakainya untuk waktu yang lebih singkat.

Losion kalamin memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat membantu meringankan beberapa gejala jerawat.

Namun, lotion kalamin juga merupakan astringen. Ahli kulit merekomendasikan untuk menghindari astringent saat merawat jerawat, karena bahan kimia ini dapat mengeringkan kulit, membuat jerawat semakin parah.

Losion kalamin lebih efektif untuk kondisi kulit yang menyebabkan gatal-gatal, seperti reaksi minyak tumbuhan, cacar air, dan ruam panas.

Losion kalamin biasanya aman jika dioleskan ke kulit. Namun, tidak ada bukti bahwa itu akan membantu meringankan jerawat. Seseorang yang ingin mengobati jerawatnya harus berbicara dengan dokter atau dokter kulit untuk mendapatkan nasihat tentang perawatan yang tepat.

Jika seseorang ingin mencoba menggunakan Lotion calamine untuk meredakan gejala jerawat, mereka dapat membelinya di toko dan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *