Makanan untuk Mengecilkan Miom, Apa Saja Rekomendasinya?

Dalam istilah medis, miom dikenal sebagai uterine fibrosis. Penyakit ini ditandai dengan tumbuhnya sel miom, yaitu sel jinak yang tidak bersifat kanker, pada rahim. Salah satu cara mengobatinya adalah dengan mengonsumsi makanan untuk mengecilkan miom.

Miom bisa diatasi dengan pengobatan secara medis, serta didukung dengan upaya perawatan sendiri di rumah. Anda perlu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat saat menderita miom, termasuk dengan menjaga makanan yang dikonsumsi. 

Pilihan makanan untuk mengecilkan miom

Ada beberapa pilihan makanan untuk mengecilkan miom yang bisa Anda coba. Berikut ini jenis makanan serta kandungan alami makanan yang Anda perlukan sebagai penderita miom:

  • Teh hijau

Di dalam teh hijau, tedapat kandungan flavanol, yaitu kandungan yang merupakan antioksidan. Ini membuat teh hijau jadi kaya akan antioksidan. 

Sifat ini berkontribusi dalam mengatasi kondisi miom. Karena itu, penderita miom disarankan untuk mengonsumsi teh hijau. 

  • Produk susu

Anda juga bisa memilih produk susu sebagai alternatif makanan dan minuman ketika menderita miom. Produk susu dikenal kaya akan kalsium, fosfor, dan magnesium. Seluruh kandungan ini berkontribusi dalam mengatasi miom.

Kalsium, fosfor, dan magnesium bisa membantu mencegah fibroid dan memperlambat pertumbuhannya. Anda bisa mendapatkan asupan produk susu dari minuman susu segar dan keju berlemak. 

  • Serat

Serat adalah kandungan yang sangat penting untuk dikonsumsi ketika menderita miom. Makanan yang kaya akan serat mampu membantu menurunkan berat badan serta menyeimbangkan hormon Anda. 

Selain itu, serat juga bisa membantu menjaga agar kadar gula darah Anda tetap stabil. Kemampuan tersebut akan berkontribusi untuk mencegah atau memperlambat pertumbuhan sel miom.

Anda bsia mendapatkan asupan serat dari makanan seperti gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, sayur-sayuran, serta buah-buahan. 

  • Kalium

Kalium juga menjadi bahan makanan untuk mengecilkan miom yang perlu Anda dapatkan. Kandungan kalium pada makanan mampu melawan efek dari konsumsi garam, sehingga membantu menjaga kestabilan tekanan darah Anda.

Hal ini berkontribusi dalam mengatasi pertumbuhan sel miom. Anda bisa mendapatkan kalium dari makanan seperti alpukat, pisang, jeruk, kacang-kacangan, kentang, tomat, dan lain-lain.

Makanan yang harus dihindari penderita miom

Sebelumnya, telah disebutkan macam-macam makanan yang cocok dikonsumsi oleh penderita miom. Namun, perlu diperhatikan, ada juga makanan tertentu yang perlu dihindari oleh penderita miom. Berikut ini makanan-makanan tersebut:

  • Gula

Makanan yang mengandung gula serta mengandung karbohidrat tinggi dapat memicu menumpukan sel miom. Karena itu, penderita miom harus menghindarinya.

Ketika kadar gula naik, tubuh pun memproduksi terlalu banyak insulin. Insulin yang berlebihan bisa menyebabkan penambahan berat badan dan mendukung pertumbuhan sel miom.

  • Daging merah

Penelitian telah menunjukkan bahwa daging merah berkontribusi dalam memicu pertumbuhan sel miom. Contohnya seperti daging sapi. 

Karena itu, Anda dianjurkan untuk mencari alternatif daging merah, misalnya dengan mengonsumsi daging putih seperti ayam. Daging putih merupakan makanan untuk mengecilkan miom yang aman dikonsumsi. 

  • Makanan pemicu estrogen

Hormon estrogen yang terlalu banyak akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Hal ini memicu risiko yang lebih buruk untuk pertumbuhan sel miom. 

Karena itu, hindarilah makanan yang bisa memicu produksi hormon estrogen. Contohnya seperti susu kedelai, kacang kedelai, daging merah, dan tahu. 

Ketika Anda menderita miom, selalu perhatikan makanan apa yang boleh dan tidak boleh untuk dikonsumsi. Ingatlah untuk menigkatkan asupan makanan untuk mengecipkan miom demi kondisi yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *