Susu Chil Kid Soya Untuk Usia 1 Tahun

Susu Chil Kid untuk usia 1 tahun memiliki varian soya yang diketahui dapat dikonsumsi untuk anak yang mengalami alergi laktosa. Susu Morinaga Chil Kid Soya MoriCare Σ Triple Bifidus merupakan susu formula pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun yang mengalami alergi susu sapi atau intoleran terhadap laktosa atau yang menderita galaktosemia. Susu Chil Kid untuk usia 1 tahun ini tidak mengandung susu dan hasil olahannya, bebas laktosa, tapi masih ada kemungkinan alergi terhadap protein kedelai.

Morinaga Chil Kid merupakan jenis susu formula untuk bayi

Susu formula kedelai merupakan alternatif susu formula sapi yang semakin populer. Beberapa orang tua lebih suka susu formula kedelai karena alasan etika atau lingkungan, sementara yang lain percaya susu tersebut dapat mengurangi kolik, mencegah alergi, atau mengurangi risiko penyakit anak mereka di kemudian hari.

Namun, penggunaan susu formula kedelai memiliki beberapa risiko dan mungkin bukan pilihan pemberian makanan yang aman untuk semua bayi. Berikut penjelasan mengenai susu formula kedelai yang perlu Anda ketahui.

Perbandingan Susu Formula Kedelai dengan Susu Formula Lain

Semua susu formula bayi harus memenuhi kriteria tertentu mengenai komposisi, kemurnian, dan kandungan gizinya. Proses pengaturan ini membantu memastikan bahwa semua susu formula untuk bayi memenuhi kebutuhan nutrisi bayi , terlepas dari bahan pembuatannya.

Karena itu, susu formula kedelai mengandung kalori dan nutrisi penting dalam jumlah yang sama dengan jenis susu formula bayi lainnya. Oleh karena itu, susu formula kedelai memiliki kemampuan yang sama untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang bayi.

Manfaat Kesehatan Susu Formula Kedelai

Beberapa orang tua yang lebih menyukai susu formula kedelai percaya bahwa itu adalah pilihan paling bermanfaat untuk kesehatan anak mereka saat ini dan di masa depan.

Keyakinan ini mungkin berasal dari penelitian yang menghubungkan diet kaya kedelai dengan risiko penyakit tertentu yang lebih rendah, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung pada orang dewasa. Namun, saat ini tidak ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa penggunaan susu formula kedelai pada masa bayi mengurangi risiko bayi terkena penyakit ini di kemudian hari.

Demikian pula, tidak ada bukti kuat bahwa susu formula kedelai mengurangi masalah pencernaan seperti kolik atau menawarkan perlindungan tambahan terhadap alergi. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian sebelum kesimpulan yang kuat dapat dibuat.

Di sisi lain, para ahli sepakat bahwa susu formula kedelai adalah pilihan paling tepat untuk bayi dengan galaktosemia atau defisiensi laktase herediter, dua kondisi medis yang mencegah bayi dapat mengurai gula alami dalam susu sapi.

Susu formula kedelai juga menjadi pilihan paling tepat untuk keluarga vegan. Meskipun vitamin D3 dalam kebanyakan susu formula kedelai saat ini bersumber dari lanolin domba, tapi susu formula kedelai adalah pilihan yang tersedia untuk susu formula bayi vegan.

Kandungan Isoflavon pada Susu Formula Kedelai

Susu formula kedelai secara alami kaya akan isoflavon, yaitu senyawa tumbuhan dengan struktur yang mirip dengan hormon estrogen. Bayi yang diberi susu formula kedelai biasanya menerima lebih banyak isoflavon kedelai daripada bayi yang disusui atau diberi susu formula sapi. 

Oleh karena itu, beberapa orang takut bahwa susu formula kedelai mungkin memiliki efek seperti estrogen pada saat dalam perkembangan ketika kadar estrogen biasanya rendah. Ketakutan ini dipicu oleh penelitian pada hewan yang lebih tua yang melaporkan berbagai kelainan pada hewan yang terpapar isoflavon kedelai.

Namun, penting untuk dicatat bahwa estrogen jauh lebih kuat daripada isoflavon kedelai, dan hewan melakukan metabolisme isoflavon kedelai secara berbeda dari manusia.

Hal ini bisa menjelaskan mengapa penelitian pada manusia biasanya tidak mengamati efek jangka panjang yang signifikan pada bayi yang diberi susu formula kedelai, termasuk sedikit atau tidak ada perbedaan dalam perkembangan seksual atau fungsi otak, tiroid, dan kekebalan.

Dengan mempertimbangkan banyaknya manfaat yang dapat diterima anak dari mengonsumsi susu formula kedelai, Anda bisa memilih susu Chil Kid untuk usia 1 tahun seperti Morinaga Chil Kid Soya MoriCare Σ Triple Bifidus dengan harga Rp 168.500 untuk ukuran 600 gram dan tersedia untuk rasa vanila dan madu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *