Tenggorokan Berdahak Buat Tidak Nyaman, Begini Cara Mengatasinya

Saat Anda mengalami tenggorokan berdahak, Anda tentu merasakan ketidaknyamanan. Seringkali, dahak ini disertai dengan gejala batuk dan gangguan pernapasan. Apabila dibiarkan, kondisi ini akan menghambat Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara yang paling tepat dalam mengatasi gejala batuk berdahak di tenggorokan. Biasanya, cara pengobatan ini akan berbeda-beda pada setiap penderita, tergantung faktor penyebab penumpukan dahak yang mendasarinya.

mengeluarkan dahak di tenggorokan tapi tidak batuk

Cara mengatasi tenggorokan berdahak

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guan mengatasi penumpukan dahak di tenggorokan. Cara-cara ini melibatkan pengobatan dengan obat-obatan serta perawatan mandiri di rumah.

  • Menjaga kelembaban ruangan

Salah satu penyebab terjadinya penumpukan dahak di tenggorokan adalah ruangan yang terlalu kering. Kekeringan ini bisa terjadi akibat suhu udara yang terlalu panas atau pemakaian pendingin ruangan dalam jangka panjang.

Untuk menghindari dahak akibat kekeringan ruangan, cobalah untuk menggunakan humidifier. Alat ini berfungsi untuk memberikan kelembaban di ruangan Anda, sehingga terhindar dari gejala kekeringan.

  • Meningkatkan hidrasi tubuh

Tenggorokan berdahak juga bisa terjadi akibat dehidrasi. Dehidrasi terjadi ketika tubuh Anda kekurangan cairan akibat kurang minum air atau terlalu banyak meminum minuman yang memicu dehidrasi, seperti kopi, teh, atau alkohol.

Oleh sebab itu, ketika Anda merasakan adanya gejala batuk berdahak, maka langkah paling utama  yang perlu dilakukan adalah memperbanyak minum air. Hal ini penting guna menghindari dahak yang semakin parah akibat dehidrasi. 

Pastikan Anda meningkatkan hidrasi tubuh dengan meminum air mineral. Jangan mencoba mengganti air mineral dengan minuman jenis lainnya. 

  • Menggunakan antibiotik

Antibiotik adalah obat yang sangat efektif dipakai untuk mengobati penyakit infeksi. Infeksi ini bisa disebabkan oleh bakteri maupun virus.

Bagi beberapa penderita, dahak di tenggorokan bisa saja disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Contohnya seperti flu, pneumonia, atau bronkitis akut.

Dalam kasus ini, maka pengobatan paling tepat guna mengurangi produksi dahak berlebih adalah mengonsumsi antibiotik. Biasanya, untuk bisa mendapatkan antibiotik, Anda akan memerlukan resep obat dari dokter.

  • Menggunakan obat pengencer lendir

Selain obat antibiotik, ada juga obat pengencer lendir untuk mengatasi tenggorokan berdahak. Obat seperti ini hadir dalam bentuk alat berisi cairan salin hipertonik. Nantinya, melalui alat tersebut, Anda akan menghirup salin melalui nebulizer.

Biasanya, pemberian obat seperti ini diberikan apabila dahak yang Anda alami disertai juga dengan gejala flu atau pilek lainnya.

  • Mengonsumsi obat alergi

Dalam beberapa kasus, penumpukan dahak di tenggorokan bisa juga disebabkan oleh alergi. Biasanya, faktor pemicu alergi ini berasal dari alergen yang ada di udara, seperti debu tungau atau serbuk sari.

Anda perlu mengetahui apakah tenggorokan berdahak yang Anda alami disebabkan oleh alergi atau bukan. Jika iya, maka cara paling efektif untuk mengatasinya adalah menggunakan obat alergi. 

Perlu diketahui, dalam beberapa kasus, dahak yang muncul di tenggorokan juga disebabkan oleh kebiasaan merokok. Sebagian besar perokok memang lebih mudah mengalami produksi dahak yang berlebihan.

Jika Anda ingin menghindari hal ini, maka akan lebih baik untuk mulai berhenti merokok. Memiliki pola hidup yang baik akan berkontribusi untuk kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. 

Apabila kondisi tenggorokan berdahak yang Anda alami sangat parah dan tak kunjung membaik, maka cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *