Ukur Kadar Oksigen dalam Darah dengan Familydr

Pernahkah Anda mendengar tentang alat pulse oximeter? Alat ini digunakan untuk mengukur kadar oksigen dalam darah serta detak jantung Anda. Salah satu alat pulse oximeter yang bisa dibeli secara bebas ada dari Familydr

Alat ini biasanya digunakan di fasilitas kesehatan pada pasien kritis. Namun, Anda juga bisa membeli alat ini secara bebas untuk melakukan pengukuran mandiri di rumah.

Memiliki pulse oximeter di rumah bisa membantu Anda untuk memantau kondisi kesehatan Anda secara rutin. Hasil yang tidak normal bisa mengindikasikan adanya kondisi medis tertentu yang Anda alami.

Mengapa perlu menggunakan pulse oximeter Familydr?

Pada dasarnya, alat pulse oximeter memiliki fungsi utama untuk mengukur denyut jantung serta kadar oksigen dalam darah. Alat ini hadir dalam bentuk klip yang diletakkan di salah satu bagian tubuh. Biasanya, Anda bisa meletakkannya di jari tangan.

Nantinya, ketika proses pengukuran, akan ada berkas cahaya yang melewati darah di jari tangan Anda. Kadar oksigen dalam darah ini akan diukur, dan hasilnya akan tampak pada bagian atas alat. 

Adanya alat ini sangat membantu untuk memonitor kondisi kesehatan seseorang. Secara khusus, ini digunakan untuk mendeteksi perkembangan kesehatan dari orang-orang yang menderita masalah sebagai berikut:

  • Penyakit paru kronis
  • Kanker paru-paru
  • Radang paru-paru
  • Cacat jantung bawaan
  • Serangan jantung atau gagal jantung
  • Anemia
  • Asma

Pada orang-orang dengan kondisi di atas, pulse oximeter dijadikan acuan untuk mengetahui efektivitas pengobatan serta mengecek apakah seseorang berhenti bernapas sementara ketika sedang tidur.

Tapi, bukan berarti penggunaan alat dari Familydr ini hanya terbatas untuk orang-orang dengan kondisi medis seperti yang telah disebutkan di atas. Anda yang masih sehat pun juga bisa menggunakan alat ini sebagai upaya pencegahan, memantau kondisi kesehatan Anda secara berkala sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

Memahami level oksigen dalam darah

Berdasarkan pengukuran dengan pulse oximeter, ada tiga kemungkinan yang bisa muncul. Kemungkinan tersebut meliputi kadar oksigen normal, di bawah normal, atau di atas normal. 

  • Kadar normal

Kadar normal ditandai dengan angka 80-100 milimeter merkuri atau mm Hg. Ini angka yang digambarkan pada hasil pengukuran oksigen dalam paru-paru yang sehat. 

Apabila kadar oksigen dalam darah diukur oleh denyut nadi, maka hasil normal akan ditandai dengan angka 95-100 persen Sp02. 

  • Di bawah normal

Hasil pengukuran yang di bawah normal adalah hasil di bawah 80 mm Hg untuk pengukuran oksigen dari paru-paru, atau di bawah 90 persen untuk pengukuran oleh denyut nadi. Kondisi ini disebut dengan Hipoksemia.

Semakin rendah angka yang dihasilkan dari pengukuran Familydr, maka semakin parah hipoksemia yang diderita. Kondisi ini bisa mengacu pada komplikasi jaringan dan organ tubuh lainnya yang lebih serius.

  • Di atas normal

Kondisi pengukuran di atas normal jarang terjadi pada orang-orang yang sehat. Ini biasanya terjadi pada orang yang menderita gangguan penapasan serius dan dirawat dengan menggunakan alat oksigen tambahan.

Karena perawatan tersebut, maka hasil pengukuran dengan pulse oximeter akan menunjukkan level oksigen dalam darah yang lebih dari normal.

Anda harus bisa memahami hasil dari pengukuran pulse oximeter. Dengan begitu, Anda bisa memantau kondisi kesehatan Anda sendiri.Pulse oximeter dari Familydr bisa Anda jadikan alternatif untuk memantau kesehatan rutin secara mandiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *