Waspadai Telinga Bengkak dengan Mengenali Ciri-Cirinya

Pembengkakan pada telinga bisa menjadi tanda adanya kondisi medis tertentu pada telinga Anda. Sayangnya, tidak semua orang memperhatikan kondisi telinga dengan seksama, sehingga cenderung tidak cepat menyadari ketika mengalami telinga bengkak.

Penyebab telinga berdengung bermacam-macam, mulai dari faktor usia hingga efek obat

Selain itu, beberapa orang juga cenderung mengabaikan pembengkakan ini, apalagi kalau pembengkakan tidak menimbulkan gejala yang mengganggu. Padahal, sebelum kondisi semakin parah, Anda perlu mewaspadainya dan segera mendapatkan perawatan dari dokter. 

Tanda-tanda gejala telinga bengkak

Gejala dari telinga yang membengkak sebenarnya berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini ditentukan oleh faktor penyebab pembengkakan serta tingkat keparahannya. 

Tapi, ada beberapa gejala umum yang bisa Anda kenali. Anda perlu mewaspadai gejala-gejala ini. Berikut ini gejala yang mungkin Anda rasakan berdasarkan faktor penyebabnya: 

  • Gejala telinga lokal

Dalam beberapa kasus, telinga bengkak bisa terjadi karena adanya faktor lokal atau faktor dari masalah telinga itu sendiri. Hal ini akan menimbulkan gejala yang secara langsung dapat Anda rasakan pada bagian telinga Anda. 

Biasanya, gejala ini akan terjadi bersamaan dengan pembengkakan yang terjadi di telinga. Kemungkinan gejala lokal yang akan Anda rasakan adalah kulit yang mengeras, keluarnya cairan dari telinga, telinga gatal, rasa nyeri dan tertekan di telinga, serta ruam kemerahan. 

  • Gejala lain

Bukan hanya pada telinga, gejala juga bisa Anda rasakan pada bagian tubuh lainnya. Gejala ini juga bisa meliputi gejala yang dialami dari dalam tubuh secara keseluruhan. 

Dalam hal ini, gejala lain yang terjadi ketika terjadi pembengkakan pada telinga meliputi demam, batuk, sakit kepala, menggigil, kaku dan nyeri sendi, pilek, sakit tenggorokan, dan berkeringat tak terkendali. 

  • Gejala serius

Terkadang, tergantung penyebabnya, pembengkakan pada telinga juga bisa terjadi karena adanya kondisi medis yang lebih serius. Ketika pembengkakan telinga disertai dengan gejala ini, maka kemungkinan Anda perlu segera mendapatkan pertolongan medis darurat. 

Gejala serius ini meliputi gangguan pernapasan, demam yang sangat tinggi, pembengkakan mendadak pada wajah dan bibir, nyeri yang berdenyut di belakang telinga, dan sakit kepala yang sangat parah. 

Cobalah untuk mengenali tanda-tanda di atas. Hal ini penting untuk memperkirakan tingkat keparahan telinga bengkak Anda. Selain itu, mengenali gejala juga akan membantu Anda untuk menyikapi pembengkakan di telinga dengan lebih tepat. 

Apakah telinga bengkak bisa menyebabkan komplikasi?

Umumnya, pembengkakan pada telinga bisa ditangani dan diatasi, selama Anda tidak menunda pengobatan dan melakukan pemeriksaan ke dokter. Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena pembengkakan telinga adalah kondisi yang umum dan tidak berbahaya. 

Akan tetapi, penting untuk mengetahui apa yang mendasari pembengkakan tersebut. Telinga yang membengkak mungkin tidak berbahaya, tapi kondisi yang mendasarinya bisa saja lebih serius. Dalam beberapa kasus, penyebabnya bahkan bisa mengancam jiwa.

Karena itu, jangan abaikan pembengkakan yang terjadi di telinga Anda. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui cara mengatasinya. Terkadang, kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi berupa: 

  • Mastoiditis, yaitu radang tulang di belakang telinga
  • Infeksi telinga berulang-ulang
  • Gangguan bicara atau berbahasa
  • Meningitis, yaitu infeksi atau radang kantung di sekitar otak dan sumsum tulang belakang

Komplikasi di atas bisa terjadi apabila penyebab telinga bengkak Anda cukup serius dan tidak segera diatasi. Selama kondisi ditangani dengan cara yang tepat, maka pembengkakan Anda bisa disembuhkan dengan bantuan dari dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *